Wednesday, February 22, 2012

Nyamuk atau Drakula?

Gue sama nyamuk emang ga pernah akur.
Ga ke-itung berapa banyak nyamuk yang udah MATI karena kegencet atau ketepok sama tangan atau raket listrik gue. MAMPUS LOO EMANG ENAKK? HUAHAHHAHA *tawajahat*

Well, habis gue TEPOK tuh nyamuk, gue ga kabur. Gue santai aja..
Bahkan tadinya gue mau nelpon, nge-sms and nge-bbm saudara/keluarga si nyamuk ini.
Gue juga bingung, apa hal ini adalah murni suatu kebaikan dari hati gue atau pertanda murni kalo gue emang rada-rada sarap?

Enden, akhirnya gue memutuskan untuk ga jadi nge-sms atau pun nelpon bahkan nge-bbm  keluarga si nyamuk. Kenapa ga jadi? Bukan karena gue takut si keluarga nyamuk ini minta pertanggungjawaban dari gue, bukan juga karena gue takut di uber-uber nyamuk se-komplek, dan bukan juga karena gue takut di tuntut keluarga nyamuk ke meja hijau, tapi ini semua karena.....

AKUUU GA PUNYAA PULSAAA. . .

Ok. Itu alasan gue.
Lagian ngapain juga sih nge-sms/nelpon/nge-bbm si keluarga nyamuk? Emangnya mereka punya BB?
Emangnya lo punya pin BBM mereka? Emangnya mereka punya pulsa? terus emangnya mereka bisa gitu sms-an plus bbm-an? emang mereka bisa mencet tombolnya? perasaan gue sih gede-an tuh tombol bb dari pada body si nyamuk!!!

and lagian kan nyamuk yang salah, di gigit gue duluan tau! Jadi sekarang kenapa lo nyalahin gue? bukan salah gue dong kalo kerja refleks gue berfungsi dengan sangat baik? kenapa lo jadi nge-belain si nyamuk? emang lo siapa? bokapnya si nyamuk apa? kenapa lo jadi ngurusin masalah gue sih? emang lo ngerasa jadi nenek gue? emang nya lo saudara justin bieber apa? HAH? ini kenapa jadi bawa-bawa justin bieber kakak gue sih?!!!

Kembali ke permasalahan, lo tau kan bentuk nyamuk kaya apa?
Item, kecil, jelek, dan pastinya lo ga akan bisa ngebedain muka nyamuk dengan sodaranya yang lain.
Kenapa ga bisa dibedain? YA KARENA MUKA NYA SAMAA SEMUAA!! NGERTI GA SIH??

nyamuk nakal
Nah, lo tau ga? nyamuk kan profesi nya emang ngisepin darah. (kayak drakula ya)
Dan ternyata darah itu bukan buat dia makan, tapi buat memberi nutrisi kepada telurnya.
Terus nih, ternyata nyamuk-nyamuk itu nyatanya makan nektar bunga juga, kayak kupu-kupu.
Katanya sih, karena diet nyamuk terdiri dari madu dan jus buah, yang tidak mengandung protein.
(kayaknya si nyamuk takut endut ya) Jadi tujuan ngisep darah ya buat ngambil protein untuk si telur itu aja.

Dan yang ngisep darah kita tuh, kerjaan nyamuk betina. Lah terus, nyamuk yang jantan pada ngapain? nanem padi di sawah gitu? nge-ronda? jualan bakso? 

Nyamuk jantan ga ngisep darah karena moncong nya ga sesuai buat ngisep darah.
Ga kaya si betina yang punya probosis. (ntar probosis gue bahas)
Berat nyamuk hanya 2 hingga 2,5 mg. Nyamuk mampu terbang antara 1,5 hingga 2,5 km/jam. (hm, baru tau nih gue.)


Kenapa sih kok kalo kita digigit nyamuk, rasanya gatal plus bentol-bentol ?

Jadi pemirsa, Sewaktu nyamuk hinggap di tubuh kita, dia menempelkan mulutnya yang mirip sedotan disebut juga probosis (udah gue bahas kan sekarang). Lalu ada semacem pisau yang merobek kulit kita maju mundur, hingga menemukan urat darah, setelah itu baru darah yang ada di hisap.

Dalam prosesnya nyamuk juga ngeluarin air liur yang mengandung antikoagulan untuk mencegah darah yang dia hisap membeku (WEW). Proses ini berlangsung cepat dan seolah-olah proses yang terjadi adalah nyamuk menusuk tubuh padahal ga kayak gitu kalee, nyamuk membedah kita seperti layaknya dokter bedah yang cepat dan akurat. (sok profesional nih nyamuk! kenapa ga jadi dokter bedah aja coba?)

Kalo nyamuk udah kenyang dia akan mencabut probiosis dan terbang. 
Air liur yang tertinggal di kulit kita akan merangsang tubuh layaknya ada benda asing yang mengganggu, terjadilah proses yang dikenal dengan alergi, dan yang terjadi adalah bentol-bentol dan gatal.

Source : Wikipedia

Gue mau nge-post tentang om drakula juga sebenernya, tapi pas gue liat fotonya......
Kayaknya ga jadi deh. Mungkin mesti ke dokter gigi dulu om drakulanya.........

No comments:

Post a Comment