Friday, February 3, 2012

MEMBALAS KEJAHATAN

"Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan~
Lakukanlah apa yang baik bagi semua orang." 

Judul : MEMBALAS KEJAHATAN

Toni jengkel. Sejak berdiri, pabriknya sering di lempari anak jalanan. Puluhan kali alarm pencuri berbunyi.
Suatu hari di pergokinya 3 anak mencuri mangga di halaman. Mereka terpojok ketakutan. Toni naik darah tapi tiba-tiba dia teringat firman ALLAH SWT"Jangan membalas kejahatan dengan kejahatan". 

Diberinya tiap anak satu mangga sambil dinasihati : "Lain kali minta saja, jangan mencuri". Dua hari kemudian, 5 anak datang minta mangga! Toni sabar melayani. Rela di ganggu. Lama-lama mereka datang tiap sore. Bukan lagi untuk minta mangga, melainkan untuk berteman. Mereka diajari baca tulis. Pabriknya jadi aman. Lebih lagi, anak-anak jalanan bisa mengenal kasih ALLAH...

Saat orang berbuat jahat, biasanya kita ingin membalas. Mengapa? Sebab kita merasa terganggu, terluka. Sakiiiiiittttt! Jika membalas, ada rasa puas. Namun, pembalasan membuahkan pembalasan; melahirkan lingkaran dendam yang tak berkesudahan.

"Berbuat baiklah pada musuhmu! Tindakan kasih tanpa pamrih berkuasa menghancurkan hati lawan, mengubah dendam menjadi pengampunan...."

Kita bertanya, "Lantas, bagaimana dengan kejahatan mereka? Tidakkah mereka harus menerima hukuman setimpal?" Soal pembalasan, serahkan saja pada ALLAH. Bagian kita adalah menunjukkan kebaikan.

Untuk bisa berbuat baik saat disakiti, kita harus bersabar menghadapi orang-orang yang sulit dan berhati bengkok. Untuk itu di butuhkan penyangkalan diri. Ingat janji ALLAH. Memang tidak mudah, namun hasilnya indah. Cobalah!

Gue dapet ini dari broadcast message bm.. Setelah gue baca ini, gue ga pernah lagi mau ngebales orang yang udah nyakitin gue. Gue sadar. Itu ga ada gunanya. Bahkan memperparah masalah. Lebih baik diam. Kita balas aja dengan kebaikan.... walau sesakit apapun itu, tabah lah... jangan di bales jahat juga deh pokoknya. 
Biarin ALLAH yang bales. :) 

No comments:

Post a Comment