Thursday, September 24, 2015

TRIP TO TEMANGGUNG

TRIP TO  TEMANGGUNG

Assalamualaikum, JODOH! Eh, JOMBLO!
Sama-sama ga enak ya sapaannya. He

Okay, gue baru tau ternyata di bumi jawa ini gue punya keluarga. Maklum, biasanya rute perjalanan gue cuma mentok di kamu. Iya kamu. Kalimantan maksud gue. *mulai random*
Gue biasanya kalo ngunjungin keluarga jauh ya sekitaran kalsel-teng aja. Dan sekarang gue kuliah dan again gue “merantau”, kali ini ke jawa choy!

MERANTAU LAH SUPAYA TAU RASANYA “PULANG”. SUPAYA BISA NGEHARGAIN WAKTU SAMA KELUARGA! I LOVE MY PARENTS! BANGETLAH.

Tapi kalau lo ga merantau sih gak apa-apa juga. Kan enak bisa dirumah kan ya sama mamapapa. Banyakin bersyukurlah, kan enak bisa makan masakan emak tiap hari. Bisa dengerin nasihat tiap hari secara live tanpa harus beli kuota terus vidcall-an. *yaelah malah curhat*

So guys, gue dari Solo ke Yogya naik kereta. Naik prameks (prambanan ekspres) bayar 9rb rupiah. Ini yang rebutan tempat duduk sih. Dan well, I am lucky karena pintu kereta berhenti tepat di depan kaki gue yang siap melangkah. Langsung deh dapet tempat duduk. Bagi cewek yang ga dapet tempat duduk, berdoalah supaya ada mas-mas gentle yang bilang “Dek, sini duduk tempat abang, biar abang aja yang berdiri” BEUH. Dramatisir banget ya gue… TAPI ada kok kejadian yang gitu,gue liat. Tapi dialognya ga gitu gitu amat sih. Amat aja ga gitu-gitu.

Singkat cerita, sampailah gue di yogya, malemnya gue ke temanggung bareng keluarga yang di yogya naik mobil. Sekitar 3 jam nyampe temanggung. Saran sih kalo mau cepet malem aja berangkatnya. Sore relatif macet vroh…

HELLAW TEMANGGUNG!

BRRR pagi di temanggung dingin banget ngetz… Karena daerah pegunungan gaes…
Saking dinginnya gue langsung bersin bersin ingusan lucu gitu. *ingusan? Lucu? Oh… oke no komen*

Airnya kayak es. Iya es. Dingin, kayak gaya kamu, dingin. Ehm

Tujuan gue ke temanggung ngunjungin keluarga dan ziarah. Sekitar jam 10.00 wib gue diajak mbah ngeliat sawah. Super-duper-seru walaupun panas tapi tetep adem. Gue ke kebun cabe--bukan cabe yang itu—ke kebun tembakau, dan melewati jembatan yang dibawahnya sungai. Kata emak gue, dulu beliau sering main disungai itu sama sepupu-sepupunya. Tapi, sekarang itu sungainya banyak kelihatan batu-batu, karena udah dangkal.

Asyik ya jaman dulu main ke sungai dibelakang rumah. Masa kecil emak gue ga diragukan lagi, 1000 persen bolang. HAHA

Kebun mbah rapi sekali. Viewnya mantap, itu gue foto kan ya ada view gunung sumbing. Entahlah, sumbing darimananya ini gunung ya.
ugh, ternyata gambar gue pas sd itu nyata.

Kehidupan  mbah sangat sederhana, tapi tenang vroh. Melihara sapi, kalo sore pergi ke sawah. Ga lama panen. Asli kan ya hasilnya jelas juntrungannya. HALAL VROH!

Mbah sempet berbagi cerita ke gue, kalau dulu itu sapi dijadikan tabungan. Kalau ada keperluan mendadak ya dijual sapinya. Terus temanggung terkenal sebagai daerah penghasil tembakau.  Macem-macem lah gue diceritain mbah, dari jaman kemerdekaan dulu.

Enak ya kayak mbah, tenang. Gatau dunia di bagian lain yang macem-macem dan enggak-enggak -,-
MANUSIA~~~

Kita diciptakan dari tanah, makan hasil dari tanah, ntar baliknya mati ya dikubur dalem tanah. Terus kenapa banyak sifat kita kayak langit?



THAT’S IT!
Banyak hal-hal yang gue dapet dari temanggung, dan mbah of course.

AND THAT BEGINS JUST WITH “a single” STEP!

Perjalanan besar ga akan terjadi tanpa langkah awal untuk memulainya. ASEK

Wassalam.


No comments:

Post a Comment